Ilmuwan Temukan Bintang 10 Juta Kali Lebih Terang Dari Matahari

Posted: Agustus 26, 2010 in Science
Tag:

Ilmuwan Temukan Bintang  Terbesar 10 Juta Kali Lebih Terang Dari Matahari

Bintang R136a1 dibandingan dengan besar matahari /Foto: ESO

DAPUNTA ONLINE – PARA ILMUWAN telah menemukan sebuah bola besar yang terang di galaksi tetangga kita yang kemungkinan merupakan bintang terberat yang pernah ditemukan, dan luasnya ratusan kali lebih besar dari Matahari, Rabu (21/07/2010).

Bintang yang disebut dengan R136a1 itu diperkirakan memiliki berat 300 massa Matahari, ditangkap dengan menggunakan bantuan teleskop raksasa di Observatorium Eropa Selatan (Very Large Telescope ESO). Hal itu diungkapkan oleh astrofisikawan Paul Crowther, dimana bintang “monster” itu juga dua kali lebih berat dari slimmed, yakni bintang besar yang sebelumnya pernah ditemukan.

Bahkan, bintang itu juga dapat membakar gas dengan intensitas sedemikian rupa sehingga dapat bersinar hampir 10 juta kali dari kilauan matahari.

“Tidak seperti manusia, bintang-bintang yang lahir dengan berat seperti ini dapat dengan mudah menurunkan berat (massa) seiring bertambahnya usia mereka,” kata Crowther, seorang astrofisikawan dari Univesitas Sheffield di Inggris utara. “R136a1 sudah setengah baya dan telah mengalami penurunan berat dengan intens.”

Crowther juga mengatakan bahwa bintang raksasa itu diidentifikasi berada di tengah-tengah gugus bintang Nebula Tarantula, yakni awan yang terbentuk dari gas dan debu di Large Magellanic Cloud (galaksi yang jaraknya sekitar 165.000 tahun cahaya dari Bima Sakti kita).

R136a1 merupakan bintang yang paling besar di antara sejumlah bintang raksasa yang telah diidentifikasi oleh Crowther dan timnya dalam artikel di Monthly Notices dari Royal Astronomical Society.

Namun Crowther juga begitu yakin, tidak hanya R136a1 bintang yang paling besar yang akan ditemukan dan memiliki kilauan yang 10 juta kali lebih besar dari Matahari. “Karena kelangkaan bintang ‘monster’ ini, saya pikir tidak mungkin bahwa catatan baru ini akan rusak dalam waktu dekat,” kata Crowther menyimpulkan. [*] DPT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s